ASIA 87 PEDULI : BUKA BERSAMA 1000 ANAK YATIM & DHUAFA





Bulan suci Ramadhan niscaya akan memberikan banyak kebahagiaan dan berkah bagi umat muslim yang menjalankan maupun bagi umat yang tidak menjalankannya. Salah satu kebahagiaan yang dirasakan adalah adanya kesempatan berbagi dengan sesama seperti acara yang dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2019 lalu oleh Yayasan Asia 87 Peduli yang membuat acara rutin tahunan Buka Bersama 1000 Anak Yatim dan Dhuafa yang tahun ini sudah memasuki tahun ke tujuh.


Asia 87 Peduli adalah sebuah yayasan yang dibentuk para Alumni Sekolah Islam Al Azhar angkatan 87. Bang Ju sendiri kagum begitu mengetahui latar belakang yayasan ini, bayangkan ya bagaimana susahnya kita mengumpulkan teman seangkatan sekolah untuk buka bersama setiap tahun yang sudah pasti peserta yang hadir makin tahun makin berkurang. Nah ini satu angkatan berkumpul membuat acara amal kaya gini dan rutin lagi, salut untuk semua anggota dan donator di ASIA 87 Peduli ini.


Acara tahun ini dilaksanakan di Gedung Tribrata di kawasan Blok A, Jakarta Selatan dengan tema Belajar Sambil Bermain dihadiri para tamu undangan 1000 anak yatim dari 20 panti asuhan, para donator, sukarelawan, bloger dan awak media.



Acara ini terkesan sederhana karena anak-anak duduk lesehan di dalam ruang ballroom. Lesehan ini bukan tanpa tujuan, dengan tema Belajar Sambil Bermain anak-anak diajak berbagai permainan dan theraplay dalam ruangan ini. Antusias dan kegembiraan sangat terasa diruangan ini dimana seluruh anak ikut bermain mengikuti arahan instruktur dari panggung utama.



Acara semakin menarik karena kehadiran beberapa penyanyi. Beberapa artis yang hadir antara lain Kak Nunu arranger  music anak, beberapa penyanyi cilik yang tergabung dalam Komunitas Selamatkan Lagu Anak ( Dhea Ananda, Leoni, Natasha, Ria Enez dan Sussan), Ndho Percussion, X-Star Carnaval, Roro Dancer dan Juara Indonesian Idol Cilik 2018 Anneth.

Bang Ju sampai ikut turun dalam kegembiraan menikmati acara yang sangat menarik ini, apalagi ketika Dhea Ananda, Leoni, Natasha, Ria Enez dan Sussan tampil membawakan lagu-lagu anak zaman Bang Ju kecil dulu. Bang Ju, Cece Lenny dan Irrene duduk paling depan jadi untuk pertama kalinya bisa melihat secala langsung dan sedekat ini dengan artis idola zaman kecil dulu, jadi begitu mereka tampil dan bernyanyi, kami bertiga pun ikut bernyanyi dan masih hafal loh lagu-lagunya. Masih ingat gak lirik lagu ini “ baju baru… Alhamdulillah… tuk dipakai di hari raya, tak punyapun tak apa-apa masih ada baju yang lama” (pasti sambil nyanyi hahaha) dan banyak lagi lagu yang dibawakan secara medley. Haduh…. Jadi kangen masa kecil dulu ya. Tapi kayaknya anak-anak lain tidak begitu hafal dan kenal siapa penyanyi ini, ya.. mungkin karena ini bukan angkatan mereka ya.



Suasana jadi lebih semarak setelah kehadiran Anneth sang Idola dan membawakan beberapa lagu, anak-anak sangat antusias dan ikut bernyanyi keseluruhan lagu. Nah, sekarang gentian Bang Ju, Cece Lenny dan Irrene yang diam sambil dalam hati ngucap “Anneth ini siapa ya?!” hahahah beda angkatan meman terlihat jelas disini. Pokonya perbedaan ini ngga jadi masalah ya karena kan tujuan utamanya adalah menyenangkan anak-anak yatim dan dhuafa.



Rangkaian acara selanjutnya adalah pemberian kado lebaran dan THR dari para donator kepada anak-anak yatim. Sebelum pembagian kado lebaran dan THR ini Ibu Shanty Widhiyanti selaku ketua kegiatan ASIA 87 Peduli memberikan pesan “ semoga dengan dilaksanakannya pagelaran seni music, berbagi cerita, inspirasi, permainan serta santunan dank ado lebaran dapat membuat tamu utama kita tersenyum, tertawa dan kembali pulang dengan kebahagiaan”. Setelah pembagian kado lebaran dan THR ini dilanjutkan dengan acara buka bersama kemudian anak-anak dan tamu lain kembali ke panti masing-masing. 


Semoga semangat memberikan kebahagiaan kepada sesama ini dapat ditiru dan dilaksanakan oleh lebih banyak lagi komunitas dan orang-orang di negeri ini. Terimakasih para Donatur !!!

Oiya pada acara ini Bang Ju juga mengucapkan terimakasih kepada para relawan “pasukan kuning” yang dengan senang hati mendampingi anak-anak sejak siang hingga acara selesai. Tanpa kakak-kakak relawan ini acara ini rasanya tidak akan berjalan dengan baik dan teratur. Terimakasih kakak-kakak !!!



Comments

Popular Posts